Macam-Macam Model Pembelajaran Yang Efektif

Macam-Macam Model Pembelajaran Yang Efektif – Indonesia adalah salah satu negara yang masih dikategorikan sebagai negara berkembang. Dengan pernyataan seperti itu, maka banyak hal-hal yang harus diperbaiki dan dibenahi. Tidak terkecuali adalah mengenai sistem pendidikan di Indonesia. Pendidikan di sini masih digolongkan sebagai pendidikan yang masih berkembang, pemerataan pendidikan di Indonesia juga belum merata dan seimbang, itu semua terbukti dengan adanya suku-suku pelosok di Indonesia yang seharusnya berhak mendapatkan kegiatan pembelajaran namun ternyata masih didiamkan begitu saja. Tentu hal ini harus segera diperbaiki dan ditindak lanjuti. Sebagai sesorang yang sudah mendapatkan pendidikan yang sewajarnya, maka kita sebagai warga Indonesia harus bisa memanfaatkan hal ini dengan penuh keyakinan dan semangat. Namun, apa jadinya apabila guru-guru yang mengajar di Indonesia ini masih memiliki cara mengajar yang kurang baik dan kurang efektif. Bahkan, hingga saat ini di zaman yang sudah modern saja masih belum terlihat mengenai macam-macam model pembelajaran yang efisien di Indonesia.

Macam-Macam Model Pembelajaran Yang Efektif

model pembelajaran
model pembelajaran

Oleh karena itu, maka kami akan memberikan beberapa macam model pembelajaran yang bisa guru-guru gunakan ketika sedang mengajar siswa siswinya. Macam-macam metode pembelajaran tersebut diantaranya adalah sebagai berikut. Yang pertama adalah metode example non example, yaitu mencari kasus atau gambar yang sesuai dengan KD. Kemudian metode student teams, yaitu siswa diminta untuk berkelompok dan berdiskusi. Kemudian metode problem based intoduction, yaitu melakukan kegiatan pembelajaran berdasarkan masalah yang ada. Kemudian metode debate, yaitu dengan mengandalkan kegiatan debat untuk mengasah kemapuan peserta didik. Kemudian metode berpasangan, yaitu dengan mencarikan pasangan antara siswa-siswa agar pembelajaran bisa lebih menyenangkan. Kemudian metode bertukar pasangan, yaitu dengan menukar-nukarkan pasangan siswa agar pembelajaran bisa lebih bervariasi dan tidak membosankan. Kemudian metode student facilitator and explaining, yaitu membuat peserta didik untuk mampu mempresentasikan ide atau pendapat kepada peserta didik lainnya.

Selain terdapat beberapa jenis-jenis model pembelajaran serta macam-macam metode pembelajaran seperti di atas, masih banyak metode pembelajaran lainnya yang bisa digunakan untuk menyampaikan pembelajaran secara efektif mengenai semua ilmu yang dimiliki oleh guru kepada murid-muridnya. Diantaranya adalah sebagai berikut. Dengan menggunakan metode cooperative learning, yaitu dengan metode tebak kata. Kemudian metode demonstration and eksperimen, yaitu dengan melakukan percobaan pada setiap materi yang memang memerlukan sebuah percobaan. Kemudian metode jigsaw, atau peserta didik akan diajarkan mengenai sesuatu materi yang nantinya materi tersebut akan dijelaskan kembali kepada teman sekelompoknya. Dan beberapa metode lainnya yang mungkin bisa dilakukan dengan menggabungkan antara metode-metode di atas.

Dengan adanya kegiatan pembelajaran menggunakan beberapa metode yang akan membantu siswa dan siswi untuk lebih memahami isi dari model pembelajaran, maka para guru juga tidak perlu repot-repot dan bingung untuk menyampaikan materi pembelajarannya kepada murid-muridnya. Selain itu, para guru juga dapat menggunakan cara mengajar dengan menggabungkan beberapa jenis dan macam-macam metode pembelajaran yang nantinya akan mudah untuk dilakukan oleh para siswa, yang terpenting yaitu tidak memberikan beban tugas yang terlalu banyak kepada para peserta didik, khususnya bagi siswa siswi yang masih di bawah umur. Usahakan guru dapat mengatur kinerjanya sendiri serta dapat mengukur banyak dan sedikitnya materi yang akan disampaikan kepada murid-muridnya. Sehingga siswa siswi tidak terbebani oleh materi-materi pembelajaran dari guru. Kemudian pada kurikulum 2013 ini, guru juga harus memberikan kesempatan kepada murid-muridnya untuk banyak beraktivitas dan aktif dalam kegiatan pembelajaran.

5/5 (1)

Rating

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *