Pengertian dan Makna Wawasan Kebangsaan

Pengertian Wawasan Kebangsaan

Kata wawasan berasal dari bahasa Jawa yaitu mawas yang artinya melihat atau memandang, jadi kata wawasan dapat diartikan cara pandang atau cara melihat. Wawasan Kebangsaan adalah cara pandang mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dan sikap bangsa Indonesia diri dan lingkungannya, dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Wawasan Kebangsaan atau Wawasan Nasional Indonesia adalah merupakan sebuah pedoman yang masih bersifat filosofia normatif. Sebagai perwujudan dari rasa dan semangat kebangsaan yang melahirkan bangsa Indonesia.  Akan tetapi situasi dan suasana lingkungan yang terus berubah sejalan dengan proses perkembangan kehidupan bangsa dari waktu ke waktu. Wawasan Kebangsaan atau Wawasan Nasional Indonesia harus senantiasa dapat menyesuaikan diri dengan perkembagan dan berbagai bentuk implementasinya.

Pengertian Wawasan Kebangsaan
Pengertian Wawasan Kebangsaan

Memahami serta mempedomani secara baik ajaran yang terkandung di dalam konsepsi Wawasan Kebangsaan atau Wawasan Nasional Indonesia akan menumbuhkan keyakinan dan kepercayaan dari setiap warga bangsa tentang posisi dan peran masing-masing ditengah-tengah masyarakat yang serba majemuk. Hal ini berarti suasana kondisi yang mendorong perkembangan setiap individu sehingga terwujud ketahanan pribadi dapat menciptakan suatu ketahanan nasional Indonesia.

Mengapa Wawasan Kebangsaan Harus Ada?

Wawasan Kebangsaan adalah konsep politik bangsa Indonesia yang memandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah, meliputi tanah (darat), air (laut) termasuk dasar laut dan tanah di bawahnya dan udara di atasnya secara tidak terpisahkan, yang menyatukan bangsa dan negara secara utuh menyeluruh mencakup segenap bidang kehidupan nasional yang meliputi aspek politik, ekonomi, sosial budaya, dan hankam.

Wawasan Kebangsaan sebagai konsepsi politik dan kenegaraan yang merupakan manifestasi pemikiran politik bangsa Indonesia. Sebagai satu kesatuan negara kepulauan, secara konseptual, geopolitik Indonesia dituangkan dalam salah satu doktrin nasional yang disebut Wawasan Nusantara dan politik luar negeri bebas aktif. Sedangkan geostrategi Indonesia diwujudkan melalui konsep Ketahanan Nasional yang bertumbuh pada perwujudan kesatuan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Wawasan kebangsaan terdiri dari 2 kata yaitu, wawasan dan kebangsaan , yaitu:

  • Wawasan adalah kemampuan buat memahami/memandang suatu konsep tertentu sesuai dengan konsep/pokok pikiran yang terkandung didalamnya.
  • Kebangsaan adalah tindak tanduk kesadaran dan sikap yang memandang diri sebagai suatu kelompok bangsa yang sama dengan keterkaitan sosiocultural yang disepakati bersama.

 

Dari 2 pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian wawasan kebangsaan, yaitu:

Wawasan Kebangsaan adalah sudut pandang / cara memandang yang mengandung kemampuan seseorang / kelompok orang buat memahami keberadaan jati dirinya sebagai satu bangsa juga dalam memandang dirinya dan betingkah laku sesuai falsafah hidup bangsanya dalam lingkungan internal dan external-nya.

Sesudah mengetahui pengertian tersebut pasti kita akan berfikir tentang makna tentang wawasan kebangsaan . berikut 3 makna wawasan kebangsaan :

  • Wawasan kebangsaan mengamanatkan kepada seluruh bangsa supaya menempatkan persatuan dan kesatuan serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi atau golongan. Sehubungan dengan itu hendaknya dipupuk penghargaan terhadap martabat manusia, cinta tanah air, demokrasi dan kesetiakawanan sosial.
  • Wawasan kebangsaan mengembangkan persatuan indonesia sehingga azas bhenika tunggal ika dipertahankan. Persatuan tak boleh mematikan ke anekaragaman dan kemajemukan. Sebaliknya keanekaragaman dan kemajemukan tak boleh memecah belah namun menjadi kekuatan yang memperkaya persatuan.
  • Wawasan Kebangsaan mengamanatkan supaya para warga negara indonesia membina dengan jiwa besar setia terhadap tanah air sekaligus diarahkan pada kepentingan seluruh umat manusia yang saling berhubungan dengan berbagai jaringan antara ras, antar bangsa, dan antar negara.

5/5 (1)

Rating

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *